Kamis, 16 September 2010

Obat ketombe ringan sampai berat

Apakah anda sudah memakai bermacam - macam shampo anti ketombe dipasaran??
Apakah ketombe anda hilang??
Apakah rambut anda gampang patah/rontok saat berketombe?? 



FAKTA TENTANG  KETOMBE
Ketombe banyak diketahui berupa serpihan-serpihan/sisik berwarna putih yang melekat di rambut, bahu, maupun di baju anda. Dan banyak orang mengira kalau ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang kering, terlalu banyak mengunakan shampoo atau kebersihan yang kurang. Walaupun mereka mengetahui bahwa serpihan-serpihan putih itu adalah ketombe, tidak semua orang tahu bahwa ketombe disebabkan oleh jamur yang bernama Pityrosporum Ovale (P. Ovale). Dan jamur ini dalam keadaan normal terdapat pada kulit kepala semua orang.
Biasanya, proses pergantian sel-sel pada kulit kepala terjadi secara perlahan-lahan dan tidak terlihat oleh mata. Proses pergantian tersebut terjadi setiap bulan. Jika proses ini menjadi lebih cepat, maka akan timbul gangguan pada kulit kepala yang kita sebut KETOMBE.
Ketombe seperti yang kita lihat, seringkali dialami oleh banyak orang. Gangguan yang lebih parah yaitu dermatitis seboroik, berupa serpihan berwarna kuning berminyak yang melekat pada kulit kepala

PENYEBAB KETOMBE

            Salah satu penyebab ketombe adalah Pitysporum ovale ( P. Ovale ) adalah jamur yang secara alami terdapat pada kulit kepala dan bagian kulit yang lain. Dalam jumlah yang sedikit, jamur ini tidak menyebabkan kerugian yang berarti. Namun, dengan adanya perubahan cuaca, hormon, dan stress, kulit kepala kita akan menghasilkan lebih banyak minyak, sehingga menyebabkan jamur P. Ovale berkembang biak. Dengan berkembangbiaknya jamur tersebut, akan menyebabkan gatal pada kulit kepala dan mempercepat kerontokan sel kulit yang lama. Hasilnya : timbul KETOMBE.
Kondisi ketombe yang parah atau dermatitis seboroik (seborrhea), seringkali ditemukan di kulit kepala. Namun dapat juga ditemukan di alis mata, pipi, di belakang telinga atau bagian dada. Seborrhea berupa sisik berwarna kuning berminyak yang melekat pada kulit kepala.


GEJALA GEJALA DARI KETOMBE
1.
Serpihan/Sisik
Sisik merupakan tanda bahwa kulit di kepala anda rontok dan waktu pergantian sel-sel pada kulit kepala menjadi lebih cepat. Serpihan-serpihan/sisik berwarna putih dengan berbagai ukuran dan bentuk yang terdapat di kulit kepala, rambut, dapat juga melekat pada baju berwarna hitam favorit anda. Pergantian sel kulit kepala biasanya tidak terdeteksi oleh mata. Namun dengan dipercepatnye proses pergantian ini, menyebabkan timbul KETOMBE. Jadi, setiap butir serpihan/sisik yang anda lihat sebetulnya adalah kumpulan dari sejumlah sel sel kulit kepala yang mati dalam jumlah besar, sehingga mudah menjadi perhatian.
2.
Gatal
Gatal terjadi karena timbul peradangan pada kulit kepala yang disebabkan oleh jamur P.Ovale. Jamur inilah yang menyebabkan timbulnya ketombe dan gatal pada kulit kepala.
3.
Kemerahan
Tanda ketiga dari ketombe dikenal dengan seborrhea. Dalam kondisi ini, terlihat kemerahan di sekitar kulit kepala. Dapat juga terlihat di sekitar alis mata, pipi, belakang telinga atau bagian dada.

PENGOBATAN

Kini banyak sediaan krim, lotion, dan shampoo di pasaran untuk membasmi ketombe. Produk-produk yang digunakan untuk mengatasi ketombe biasanya mengandung asam salisilat, coal tar, zinc pyrithione, selenium sulfida dan belerang. Walaupun sebagian digolongkan sebagai obat yang dijual bebas dan sebagian digolongkan sebagai kosmetik, produk-produk tersebut hanya dapat mengatasi gejala-gejala dari ketombe, tetapi tidak mengatasi penyebab ketombe.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar